cover
Contact Name
Ika Lestari
Contact Email
visi_ptk_pnf@yahoo.co.id
Phone
-
Journal Mail Official
pip@unj.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Perspektif Ilmu Pendidikan
ISSN : 14115255     EISSN : 25812297     DOI : -
Core Subject : Education,
Perspektif Ilmu Pendidikan published by Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta. Perspektif Ilmu Pendidikan contained results of the research which focused about education from practitioners, academics, researchers, and education observers.
Arjuna Subject : -
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN PROFESI BAGI ANAK-ANAK SD KELAS ATAS Dendy Setyadi
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1066.458 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.7

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan satu set produk yang dapat digunakan khususnya oleh siswa sebagai pengenalan profesi di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode ‘Research and Development’ yang dikembangkan oleh Borg dan Gall. Penelitian ini masuk dalam kategori "R & D" skala kecil karena hanya menggunakan beberapa tahap yaitu: penelitian dan pengumpulan informasi, perencanaan, pengembangan format awal produk, validasi format awal produk, dan revisi produk. Hasil penelitian menunjukkan dari masing-masing validator yaitu penilaian ahli media 90,28% (sangat baik), penilaian ahli materi 78,09% (baik), dan penilaian siswa sebagai pengguna 78,52% (sangat baik). Berdasarkan hasil validasi tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu bergambar dapat dikategorikan sebagai layak dengan persentase rata-rata 78,52%. Media kartu bergambar ini diharapkan dapat diuji lebih lanjut untuk digunakan secara efektif, lebih lanjut penelitian ini diharapkan dapat diimplementasikan di sekolah lain.
HUBUNGAN PENGEMBANGAN DIRI DENGAN LOYALITAS KINERJA GURU SEKOLAH DASAR Puji Astuti
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (221.38 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.4

Abstract

This research aims to determine the correlation between self-development and teacher performance loyalty. This study was conducted in SDN 2 Margomulyo, OKU Timur with a total of 25 teachers. A cross-sectional design was used and implemented from April to August 2018. The data analysis technique used was nonparametric statistics. The results showed that there was no signifcant relationship between self-development with performance loyalty (0,877 > 0,05). Based on this result, implications and recommendations are discussed further.
PENGARUH PERSEPSI GAYA BELAJAR TERHADAP PRESTASI MAHASISWA GENERASI Z DI PERGURUAN TINGGI Nur Habibah; Siti Rahmawati; Andita Sayekti
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.775 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.2

Abstract

Generasi Z mendominasi di perguruan tinggi dan memiliki karakteristik yang unik yaitu cepat beradaptasi dengan perkembangan teknologi. Perguruan tinggi merupakan salah satu tempat pembelajaran untuk mempersiapkan sumberdaya manusia yang berkualitas era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifkasi karakteristik mahasiswa generasi Z (2) menganalisis pengaruh gaya belajar terhadap prestasi mahasiswa generasi Z. Responden pada penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB angkatan 52-55. Metode pengambilan sampel yaitu Nonprobability Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Alat analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan SEM-PLS menggunakan Smart Pls 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik responden merupakan bagian dari generasi Z berusia 18-22 tahun dan gaya belajar auditori memengaruhi prestasi secara signifkan.
MANAJEMEN PELATIHAN PRA PURNABAKTI DI PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN DI LEMBAGA PEMERINTAH Devi Tri Indriyani; Winda Dewi Listyasari; Supadi
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (543.288 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.3

Abstract

This study aims to describe the procedure of pre-retirement training in a government agency’s education and training center. The research was conducted from August 2018 to January 2019 using a qualitative approach. Data were collected through interviews, observation, and documentation then analyzed through the stages of data reduction, data display, and verifcation. Investigation and checking the validity of data was performed through the stages of data credibility, transferability, dependability, and confrmability. The results show that pre-retirement training management in this center consisted of two stages; program and implementation planning. Program planning consists of analyzing the needs of prospective trainees and compiling a pre-retirement training program curriculum. Whereas for the implementation planning consists of determining working partners, place and date of the training.
PENGARUH PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP LITERASI KELUARGA Tarma; Maya Oktaviani
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.315 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.1

Abstract

This research aims to determine the effect of internet usage on family literacy. The study was conducted with a survey method of 100 families in the area of Candi Batujaya, Karawang. A non-test instrument in the form of a family literacy questionnaire consisting of 50 items with a verbal frequency scale (4 scales) of always, often, rarely, and never was used. Data were analyzed using the t-test. Before analyzing the data, normality and homogeneity tests were performed to meet normal and homogeneous assumptions. The results showed that internet usage influenced family literacy even though relatively small (6.15%). Collaborative monitoring was the highest means score (2.89 out of 4.00), while parent involvement was the lowest means score (2.40 out of 4.00).
PENERAPAN METODE ROLE-PLAYING UNTUK MENINGKATKAN HASIL LAYANAN INFORMASI BAGI SISWA KELAS VIII SMP Kesi Nursanti
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (519.066 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas layanan informasi dengan metode Role Playing bagi siswa Kelas VIII. Penelitian ini menggunakan penerapan metode role playing yang diadaptasi dari teori role playing oleh Shaftels dalam Joyce (1992). Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMP negeri Jakarta Timur pada semester kedua tahun ajaran 2017-2018, partisipan penelitian adalah siswa-siswi kelas 8.1 dengan jumlah 36 orang. Penelitian ini dilakukan pada saat jam pelajaran Bimbingan Konseling, sebanyak 3 (tiga) siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 3 (tiga) pertemuan. Berdasarkan observasi sebelum penelitian, siswa sangat antusias dalam mengikuti layanan informasi di kelas. Setelah dilakukan penelitian, minat siswa mengikuti layanan informasi meningkat. Keaktifan siswa meningkat, disertai pula peningkatan dalam skor rata-rata skala sikap. Kenaikan skor rata-rata skala sikap siklus 1 ke 2 sebesar 4,09%, sedangkan kenaikan skor rata-rata pengetahuan siklus 3 sebesar 1,67% dibandingkan skor saat siklus II. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode role playing untuk layanan informasi cukup efektif.
PENGARUH PENGGUNAAN METODE MIND MAPPING TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR SISWA KELAS VII SMP Muhammad Alif Prianda
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (258.69 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pengaruh dari metode belajar mind mapping untuk meninkatkan pemahaman konsep siswa dalam materi "Potensi Sumber daya Alam dan Maritim Indonesia" untuk kelas VII siswa SMP Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Desain pra-penelitian mengunakan model satu grup pretest dan postest. Peserta penelitian ini adalah 32 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Depok, Sleman, Yogyakarta. Tes pilihan ganda digunakan sebagai teknik pengumpulan data dan dianalisis menggunakan t-test Hasil penelitian mengindikasikan bahwa ada perubahan signifkan dalam pemahaman konsep siswa setelah menggunakan metode belajar mind mapping (skor post-test 83,63 dibandingkan dengan skor pre-test 74,75).
PENGEMBANGAN MODUL BERBASIS WEB UNTUK PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS IX SMP R. Susty Sumiaty; Indri Astuti; Dede Suratman
Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.937 KB) | DOI: 10.21009/PIP.332.8

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul berbasis web yang berjudul “Modul Web Hasnenians” yang dirancang untuk Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu bagi siswa SMP yang telah teruji efektivitasnya untuk meningkatkan nilai akhir siswa SMP. Partisipan penelitian adalah siswa SMP Negeri 1 Sanggau. Penelitian dan pengembangan ini mengikuti langkah pengembangan Borg, Gall & Gall, dan untuk desain sistem pembelajaran menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi dan Evaluasi). Langkah-langkah pengembangan modul berbasis web adalah: (1) pra pengembangan yang terdiri dari penelitian dan pengumpulan informasi; (2) pengembangan yang terdiri dari: pengembangan bentuk awal produk, validasi ahli dan revisi, uji coba satu ke satu, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan dan revisi produk akhir; dan (3) ujicoba: mengujicoba dan implementasi produk akhir modul web dapat digunakan sebagai salah satu sumber belajar untuk membantu siswa memahami tentang ilmu sosial terpadu. Modul web dapat diakses secara online untuk semua orang di mana saja dan kapan saja. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa modul web hasnians berguna dalam proses pembelajaran yang dibuktikan dengan peningkatan posttest dengan skor pretest.

Page 1 of 1 | Total Record : 8


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 37 No 2 (2023): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 37 No 1 (2023): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 36 No 2 (2022): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 36 No 1 (2022): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 35 No 2 (2021): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 35 No 1 (2021): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 34 No 2 (2020): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 34 No 1 (2020): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 2 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 33 No 1 (2019): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 32 No 2 (2018): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 32 No 1 (2018): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 31 No 2 (2017): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 31 No 1 (2017): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 30 No 2 (2016): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 30 No 1 (2016): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 28 No 2 (2014): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 28 No 1 (2014): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 27 No 2 (2013): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 27 No 1 (2013): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 26 No XVII (2012): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 25 No XVI (2012): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 24 No XV (2011): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 23 No XIV (2011): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 22 No XIII (2010): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 21 No XII (2010): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 20 No XI (2009): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 19 No X (2009): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 17 No IX (2008): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 16 No VIII (2007): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 15 No VIII (2007): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 14 No VII (2006): Perspektif Ilmu Pendidikan Vol 13 No VII (2006): Perspektif Ilmu Pendidikan More Issue